5 Sekawan Pelesir ke Nepal Part 1, Kathmandu Part 2 (banyak sub partnya macam MLM)

IMG_9484

Zoelcholid pun muncul, mengambil gambar menggunakan kamera Sonynya. Dijepretan kedua dia sudah menghasilkan gambar yang keren, padahal gue, Sangga, dan Adityo Karno udah hampir sejam di jepret-jepret tapi cuma gitu-gitu aja. Kalo dia udah dateng langsung kelar semua kelaaaarrr!!! Bisa-bisanya dia dapet gambar gagak lagi terbang pacaran, kaen rombeng sobek aja dibikin bagus (itu kaen rombeng di atas gue coba 13x jepret gak ada yg bagus), Ngehek emang. *ngomel2 (kalau bingung ini cerita tentang apa dan dimana, baca part sebelumnya mangkanya)

IMG_9498 IMG_9505

Setelah puas jeprat jepret, waktu sarapan pun tiba, Arslan akhirnya bangun dan bergabung bersama kami. Di restaurant dengan pemandangan kota Kathmandu yang disinari sinar lembut mentari pagi kami menikmati makanan khas Nepal (jangan tanya nama makanannya, kalau mau tau baca aja travel story yang lain). Perpaduan kacang polong, kentang rebus, telor rebus, semacam roti canai, dengan cita rasa kare yang kental sangatlah lezat sekaligus mengenyangkan. Kombinasi yang bikin gak bakal makan lagi sampai malem.

IMG_9531

Pukul sembilan kami pun keluar dari hotel, menuju tujuan pertama kami pada petualangan kali ini, Durbar Square. Berbekal petunjuk dari petugas hotel, kami menyusuri jalanan Thamel yang masih bersiap-siap menyambut wisatawan

IMG_9631

Dalam perjalanan kami menyempatkan untuk membeli sim card local demi kelancaran existensi di dunia maya. Dengan 150 ribu rupiah kami mendapatkan 1 buah nomer local dengan data internet 1GB, persyaratannya hanya cukup memperlihatkan passport, memberikan pas photo, dan membubuhkan 2 cap jempol, macam bikin buku nikah. Atau mungkin Adityo Karno yang data-datanya dipakai sebenernya dikawinin sama gadis lokal? Kita liat pas pulang nanti bakal dicegat sama bapak-bapak berkumis tebal mata melotot atau nggak.

IMG_9544 IMG_9613 IMG_9622 Processed with VSCOcam with m5 preset

Jalanan di Kathmandu, terutama di district Thamel tempat kami menyusuri jalan ini adalah surga bagi para street photographer. Bangunan-bangunan tua berwarna-warni, dikombinasikan dengan warna pakaian para penduduknya, ditambah wajah mereka yang eksotis (mungkin seperti inilah orang bule ngeliat muka kita orang Indonesia, eksotis) sangatlah photogenic.

IMG_9556 IMG_9579

Penarik rickshaw (entah nama sebenernya apa) dengan jubah putih panjang, anak-anak dengan mata besar dan senyum manis, para ibu-ibu dengan kain sari berwarna cerah, dan masih banyak object photo lainnya membuat perjalanan kami berlangsung lambat. Sebentar sebentar berhenti untuk mengambil gambar sambil nyaris diseruduk mobil atau motor.

IMG_9553 IMG_9649 IMG_9681 IMG_9849

Yes! Jalanan thamel yang sempit gak membuat para kendaraan dari jenis sepeda genjot, sepeda motor, rickshaw, sampai taxi yang kadang suka berenti sembarangan melambatkan lajunya. Semua gas poll!! Klakson membahana di seantero jagat kota, belok aja gak pake sen dan tedeng aling-aling, apalagi lurus. Loe tau kan metromini kayak gimana? Nah ini dalam bentuk puluhan mobil mungil buatan entah tahun berapa dengan bermodal klakson dan rem yang syukurnya tampak pakem abesss, di jalanan sempit penuh manusia tanpa trotoar!! Gue takjub karena gak melihat satupun kecelakaan, mereka sepertinya dilindungi para dewa-dewi, lah kita para turis apa kabar? Cuma bisa pasrah semoga para dewa di khayangan itu gak pilih kasih.

IMG_9899IMG_9682

Di tengah perjalanan kami sempat kesasar ke sebuah alun-alun kecil yang membuat kami serempak berkata “ini nih Durbar Square yang terkenal? isinya kok cuma tukang sayur yang jualan di trotoar? ini mah di ciroyom Bandung juga banyak” dengan nada sinis dan untungnya bukan. Dan di sinilah Adityo Karno menghilang untuk pertama kali. Ya! Pertama kali! Karena setelah ini dia bakal sering ngilang. Jalan sama dia kayak jalan sama anak SD, gue pikir waktu kecil dulu dia suka ngilang di pasar swalayan.

Setelah beberapa saat gue dan Sangga mencari-cari dia, akhirnya dia nongol sendiri. “Gue salah ngikutin orang, dia pake baju merah, gue pikir dia om Zoel”. Seberapa besar sih kemungkinan ketemu orang yang mirip Zoelcholid di Nepal ini?! Hih, kzl!

IMG_2767 IMG_9717 IMG_9744 IMG_9798 IMG_9996

Kami pun melanjutkan perjalanan, dan menemukan sebuah temple kecil, dengan ratusan merpati di sekelilingnya. Ada yang lagi makan, ada yang mandi, ada yang berterbangan, ada yang ngeceng, ada yang nongkrong, ada yang galau, ada yang baru jadian, ada yang marahan…ini merpati apa anak muda ya? Untung aja gak ada sevel di sini. Ini kah sang Durbar yang dicari? Ternyata bukan juga.

IMG_9823 IMG_9824

Di temple dengan nama super ribet ini (yang gue lupa namanya) Arslan ditempel seorang pengemis. Gak tahan nolak, akhirnya Arslan pun menyerah, dengan bahasa planet campur dewa Arslan bilang bahwa oke gue bakal ngasih duit asal loe mau diphoto, ajaibnya si pengemis tampak ngerti. Dikasihlah sama Arslan NPR 5 lalu diphoto2. Habis itu bukannya terbebas, malah lebih nempel. Ya iyalah!! Cuma dikasih gopek rupiah!!

IMG_9945 IMG_0023 IMG_0031 IMG_0033

Setelah melewati beberapa simpang jalan tanpa lampu merah, berpapasan dengan ribuan orang, beberapa kali hampir kehilangan nyawa, dan mengambil ratusan gambar akhirnya kami tiba di Durbar Square!!

Durbar Square ternyata adalah sebuah alun-alun super besar! Pusat kegiatan penduduk Kathmandu, dimana puluhan pedagang bertebaran menjajakan ribuan jenis cenderamata . Kota ini is all about cenderamata, di sepanjang jalan kenangan, sepanjang mata memandang, semua cenderamata!! Sampe bingung mau beli apa di yang mana. Mungkin cara yang tepat adalah lempar batu sambil merem, dimana batu itu mendarat di situlah cenderamata dibeli.

IMG_9957 IMG_9976

Ribuan orang tumpah ruah di tempat ini, sebagian dari mereka terpusat di sebuah ring tinju yang sedang mempertandingkan partai tinju, bukan partai Kay Pang apalagi partai politik. Tampak seru, tapi kami kan ke sini bukan buat nonton tinju.

IMG_0856

Kami pun berkeliling alun-alun, dan menemukan biksu berwajah warna warni seperti yang banyak ditemukan di Gugel. Gue langsung dengan excited menghampiri untuk mengambil photo, tapi ternyata mereka biksu komersil. 1 photographer yang mau ambil photo mereka harus membayar NPR 100 (sekitar Rp. 12.000), kalau ada photographer lain yang mau nebeng langsung di pelototin sambil ditunjuk-tunjuk.

Di Kathmandu ini gue mempelajari bahwa hampir semua orang punya udang di balik batu. Pedagang hingga anak-anak kecil semuanya ramah, tapi ujung-ujungnya antara nawarin barang atau minta duit. Contohnya seorang pedagang yang dengan super ramah nanya darimana? Oh Indonesia? Saya kenal beberapa orang Indonesia, mereka teman saya, kalian berapa orang? Ada yang dateng lagi? Nanti ajal mereka ke toko saya ya, yuk kamu juga mampir sini, liat2, yuk sini. Persuasif banget!!!

IMG_9964 IMG_9968

Lain lagi dengan 2 anak kecil yang gue temuin di Durbar Square. Awalnya gue minta ijin photo mereka, dan senyum mereka pun langsung dikembangkan. Setelah diphoto mereka dengan ramahnya minta lihat hasil photonya, lalu kami pun selfie, gue tanya nama mereka dan ngasih tau nama mereka. Akrab banget kayaknya, sampe mereka bilang “money…money..”. Kecil-kecil mata duitan. Tapi ya nggak salah juga sih, mereka gak mau gitu aja dieksploitasi sebagai objek wisata, take and give adalah sesuatu yang wajar. Cuma caranya aja yg bikin kita lengah, dan menjadi kaget dibuatnya. Kayak kalau kita udah nyaman sama seorang sahabat terus tau2 ditembak.

IMG_0086 IMG_0109 IMG_0101 IMG_0113

Spot terbaik untuk mengambil photo Durbar Square adalah dari puncak istana 9 lantai. Dari atas bangunan tertinggi di situ kita bisa melihat sekeliling Durbar Square dan kota Kathmandu dengan bangunan-bangunan berbata merah, beautiful! Breath taking! Udah mah napas abis gara-gara naek tangga 9 lantai, ditambah pemandangan yang super keren, abis udah nafas ini.

IMG_0208

Petualangan gue di Durbar Square diakhiri dengan menonton shooting lagu India lengkap dengan jogetnya. Senang sekali hati ini, gak nyangka adegan yang dulu cuma bisa gue lihat di Bioskop (iya gue dulu suka nonton film India, masalah?!) bisa gue saksikan secara live!! Acha…acha….

Processed with VSCOcam with m5 preset IMG_0164IMG_0211

Next stop adalah Swayambunath Temple yang berjarak sekitar 15 menit dari Durbar Square. Menggunakan taxi yang menggunakan tarif borongan sebesar USD 3 kami pun membelah jalanan dan lautan manusia, akhirnya kami merasakan rasanya di dalam mobil maut, halilintar Dufan? Lewat!!

Sesampainya di tujuan, kami disambut monyet-monyet yang jumlahnya lebih banyak daripada Monkey Forest di Ubud, dan kerennya mereka cuekan, gak geragasan. Tapi bukan keberadaan mereka yang membuat tempat ini dikenal juga dengan Monkey Temple, melainkan jumlah tangga menuju puncaknya yang bikin gue ngomel “Monyet!! Banyak amat!!!”

IMG_0224 IMG_0237 IMG_0193

Milyaran tangga akhirnya mau gak mau kami daki, dan kampretnya pos karcis ada menjelang kita sampai di puncak. Jadi orang-orang dengan menghela nafas pasti akan beli karcisnya, daripada turun lagi? Tapi semua perjuangan terbayar begitu melihat kota Kathmandu di kejauhan, apalagi ternyata matahari terbenam dengan indahnya dapat kita nikmati di situ tentunya bareng para monyet yang beberapa dari mereka tampak menggalau.

Hari pertama kami di Nepal pun ditutup dengan menikmati city light dengan angin yang berhembus dingin. Agak mirip dengan pemandangan dari Punclut Bandung, tapi ini Nepal coy!!!

Advertisements

5 Sekawan Pelesir ke Nepal Part 1-Kathmandu.

IMG_9463

Koaaakkk!!! Koaaakkk!!!

Suara puluhan gagak yang gak merdu sama sekali dan berisik (nanti ada yang lebih berisik, ikutin terus aja cerita ini) menyambut kehadiran gue di Roof Top Nepalaya Hotel tempat 5 sekawan menginap. Yak! Kami telah telah tiba di Nepal!! Negara yang baru 1 tahun lalu gue masukin ke bucket list gara-gara bukunya Antonius Wibowo yang berjudul Kembali Ke Titik Nol (very recommended book!).

IMG_9456

Waktu menunjukkan pukul 6.15 waktu Kathmandu, mentari baru saja muncul di ufuk timur (Nepal negara yang sangat cocok buat para sunrise hunter pemalas macam gue). Gue, Sangga, dan Adityo Karno (nama dia kudu lengkap soalnya ada yang manggil Adit ada yang manggil Karno) telah siap mengabadikan sang mentari Nepal dengan gadget masing-masing. Mentari di timur, bulan kesiangan di barat, bangunan-bangunan dengan dinding bata dari ketinggian adalah bahan hunting photo kami pagi itu.

IMG_9420

Kemana 2 sekawan lainnya? Mereka masih tertidur, mungkin kelelahan karena perjalanan malam sebelumnya, mungkin juga karena perbedaan usia…ups…Tapi gimana gak lelah? Kami tiba di bandara Tribhuvan pukul 20 lebih, terlambat 10 menit dari jadwal. Memasuki bandara yang cukup sederhana, kami terkejut dengan pelayanan pengajuan Visa On Arrival yang cukup modern, pengisian dara menggunakan komputer yang dapat men-scan passport untuk pengisian data. Wah keren juga nih, pikir gue. Tapi ternyata kekerenan itu cukup sampai di situ, untuk pembayaran visa 15 hari dengan biaya $ 25 kami harus mengantri panjang, karena setelah itu proses dilakukan dengan cara manual dan cukup beribet. Setelah dilayani oleh petugas imigrasi yang mukanya pada dingin sedingin mantan, barulah mimpi buruk dimulai.

IMG_9424

Proses imigrasi yang cukup memakan waktu (hampir 1 jam) membuat kami bercanda “jangan-jangan bagasi kita udah muter-muter tak berpemilik”. Ternyata, begitu sampai di tempat ngambil bagasi (gue lupa istilahnya) belum tampak sebatang pun bagasi dari pesawat kami. Hanya tampak sebuah koper hitam berkeliling berkali-kali kayak jomblo kehilangan arah. Setelah nyaris 2 jam kami menunggu tanpa kepastian, akhirnya bagasi kami pun muncul satu persatu, sepertinya petugas bandara ngangkut bagasi secara manual, sambil ngopi, makan gorengan, maenan path, marahan sama pacarnya sampe sempet ketiduran.

IMG_9433

Begitu semua bagasi selamat sampai di tangan, kami pun bergerak keluar bandara. Petugas pengecekan bagasi dengan malas memeriksa bagasi kami, bukan meriksa sih, cuma nanya “four?” “Yes four” “oke”….sesimple itu, yang mengingatkan gue pas ngelewatin gerbang pemeriksaan yang suka bunyi-bunyi. Kalau ditempat lain kita bakal diperiksa kalau alatnya bunyi, dipegang-pegang, diraba-raba, kalau di sini, dilirik pun nggak, kayak cinta telah hilang sama sekali, sedih….

Sesampainya di luar, udara cukup dingin menyergap, suhu udara pada saat itu sekitar 17 derajat celcius. Tidak sedingin yang kami kira, long john dan jaket tebal ternyata belum waktunya untuk menunaikan tugas. Kekhawatiran gue satu lagi, yaitu tentang Altitude Mountain Sickness tidak terbukti, gak ada pusing-pusing atau sesek napas, semua berlangsung normal.

Dengan mobil jemputan dari hotel yang mungil bermerek Suzuki (hampir seluruh mobil di Nepal kayaknya antara Suzuki atau Ford, dan semuanya kecil-kecil) kami dengan ugal-ugalan (gue akan ceritain tentang ini nanti) melewati jalanan Kathmandu yang sempit, berkelok-kelok, dan gak mulus. Sekitar pukul 22.30 kami tiba di depan Nepalaya Hotel, hotel di daerah Thamel yang dikenal sebagai surga backpackers.

Setelah melewati gang kecil yang membuat kami meragukan pilihan Sangga sebagai manajer perjalanan, sampailah kami di lobby hotel dan disambut oleh keramahan petugas hotel (ya iyalah masa petugas kamtib). Blablabla pengurusan administrasi check in, kami diantar salah satu petugas ke kamar hotel. Karena kamar kami di lantai 2, 4 orang memutuskan menggunakan lift, gue pake tangga, bukan karena sok sehat, tapi udah gak cukup liftnya, kecil banget! Lucunya, mereka yang naik lift barengan sampenya sama gue yang jalan ahahahaha.

IMG_9438

Barang-barang kami taruh sekenanya di kamar yang ternyata cukup bersih dan terawat, kami pun mencari makan malam ditemani Denise, petugas hotel berumur 17 tahun yang super ramah. Saat kami berkenalan, dia bilang nama gue, Sangga, dan Adityo Karno nama Nepalian banget. Gue bilang, and yours is not. Die cuma ketawa, dasar bocah, gue yakin nama asli dia bukan Denise, tapi Denehi nehi….halah. Saat berjalan menyusuri jalanan Thamel yang sudah gelap dan bernuansa “bronx”, gue pun menemukan…angkringan!! Ni Nepal atau Jogja sih sebenernya? Hampir gue secara spontan mau pesen nasi teri sama teh jahe panas, tapi ternyata yang dijual semacam sosis dan kawan-kawan sejenisnya. Ah kurang menggoda dan tampak gak terlalu mengenyangkan, jadi kami pun melanjutkan hunting makan malam.

IMG_9448

Akhirnya setelah melalui jejeran plang “blabla discotik”, “xyz pub”, “abc bar” dengan gambar perempuan seksi dan para lelaki yang dengan bahasa tubuhnya seperti mengajak masuk ke tempat-tempat nongkrong tersebut yang bahkan gak keliatan pintu masuknya dimana, pilihan makan malam akhirnya jatuh ke hotdog yang segede Gaban pada masa pertumbuhan, alias gak gede-gede amat tapi gak kecil juga. Yang bikin seneng bukan rasanya yang lumayanlah, tapi harganya yang cuma NPR 115 (sekitar 12 rebu perak dalam rupiah). Sambil makan Sangga nawarin rokok ke Denise, are you smoking? Tanya Sangga. Yes, kata Denise. Trus doi ambil sebatang rokok, nyalain, nyedot, trus ngomong “don’t tell anyone at the hotel that I’m smoking”. Kenapa? tanya Sangga. “Nobody knows”. Bahahahahaha…macam anak SMP ngerokok ngumpet-ngumpet.

IMG_9446

Kami pun makan sambil jalan pulang ke hotel, beberapa pemuda Nepal tampak nongkrong di pinggir jalan, ada yang tampak mabuk. Sangga pun bertanya kepada Denise “is this road save?”, “Yes” jawabnya, “until ten”….maksud loeeee?!!!

Malam pertama cukup mengesankan buat kami, memberikan firasat bahwa sepertinya dalam perjalanan kali ini kami akan menemukan berbagai macam pengalaman baru.

5 Sekawan Pelesir ke Nepal

IMG_9371

Setelah 8 bulan penantian, 2 kali offline meeting, 3 orang mundur (seharusnya tulisan ini berjudul 8 mas-mas gemas part II, tapi berhubung jadinya cuma 5 orang jadi terpaksa ganti judul), dan ratusan percakapan gak penting di group whatsapp, here we are (gue, Sangga, Adityo Karno, Arslan Yatim, dan Zoelcholid) di Terminal 3 bandara Soekarno Hatta menunggu flight ke Kuala Lumpur untuk kemudian menuju Kathmandu Nepal!! *gila ni kalimat panjang aja.

Saat ini pukul 11 kurang 4 menit, 39 menit lagi menuju jadwal penerbangan. Sambil selonjoran di kursi terminal, ingatan gue semacam flash back ke kejadian semalam. Nggak seperti biasanya barang-barang sudah gue siapin dari pagi, jadi malamnya gue tinggal packing. Jam 23.00 semua sudah ready, dan jam 00.00 gue memutuskan untuk tidur. Lumayan pikir gue, ada waktu 5.5 jam buat tidur nyenyak sebelum berangkat ke bandara menggunakan Damri jam 7 pagi nanti.

Tapi tak dinyana (gak disangka, kali2 aja ada yg gak ngerti. *jumawa), sepanjang malam sampai subuh gue terbangun sampai 5x, bukan karena gangguan syaiton yang terkutuk atau terlalu excited kayak jaman2 darmawisata dahulu kala, tapi karena perut gue mules semules2nya. 8 x total gue ke kamar mandi hingga pagi, sehingga menimbulkan dillema antara apakah gue memaksakan berangkat, atau pasrah tergolek lemas di tempat tidur. Setelah menimbang2, akhirnya gue mengambil pilihan pertama, dengan alasan pilihan kedua gak laki banget! Lagian mosok setelah nunggu sekian lama trus KO menjelang garis finish? Not funny at all…cuma kamu yang lucu 😘 *colongan

Setelah minum norit segalon, dan minum teh pait (atas saran seseorang 😘) akhirnya perut gue rada mengurangi kadar anarkismenya dan berangkatlah gue ke terminal pasar minggu menggunakan ojek istimewa yang tak bisa ku duduk di mukanya tukang ojek. Begitu sampai, pas bus Damrinya mau berangkat, nunggu gue pipis aja dia gak mau, wc ada di dalem katanya…

Berangkatlah sang bus Damri membelah kemacetan jalan Pasar Minggu di pagi hari. Macetnya sih masih gak apa2, tapi di dalem bus dinginnya gokil!! Gue berasa ikan baru ditangkep yang langsung dilempar ke tumpukan es batu.

Akibat dingin yang tak terkira, beserlah gue, untung perut masih mogok demo. 3 x gue ke wc di bus yg gelap gulita, segelap apa? Segelap harapan Aceng Fikri menjadi presiden RI. Seriusan segelap itu.

Jam 9 lebih dikit sampailah gue di Terminal 3, ada kejutan menanti. Ternyata Zoelcholid memutuskan untuk jadi ikut setelah 3 hari ngilang dari group yang sekaligus menunjukkan gejala doi gak jadi cabut. Bahkan hingga h-1 kita semua pasrah kalau dia ternyata beneran batal. Berempat lebih baik daripada sendiri, walaupun empat angka jelek menurut feng shui.

Nah sekarang, saat ini, kami semua lagi nunggu pesawat yang katanya delay 20 menit. Dengan mata mengantuk, dan perut yang masih nyantai, gue berharap perjalanan ini akan membaik.

Let’s see….

Bahagia itu…

Bahagia itu…tak terkatakan…
Saat jemarimu berada di antara jemariku, diam menjadi sebuah nyanyian penuh irama.

Bahagia itu…tak terlupakan…
Saat tatapmu menempati ruang di bola mataku, meninggalkan jejak tak terhapuskan.

Bahagia itu….tak berbentuk…
Saat pelukmu mengaburkan semua yang nyata, melepaskan sang waktu dari takdirnya.

Bahagia itu….membawa rindu…akan kamu….

Bicara Cinta

Mari di hari minggu yang cerah ceria ini kita berbicara cinta. Sebuah topik yang gak pernah ada habisnya untuk dibahas, sebuah hal yang tidak pernah bisa dijabarkan secara pasti apa arti sebenarnya. Yuk kita simak apa arti cinta menurut gue yang sudah belasan kali gagal dalam menjalaninya, so jangan percaya ya sama tulisan di bawah ini.

Cinta, adalah sesuatu yang menurut gue bersifat abstraktif, gak berwujud, tapi ada dan bisa dirasakan. Jadi karena gak berwujud, perasaan cinta itu sendiri seharusnya ditujukan atau disebabkan kepada dan atau oleh hal-hal yang bersifat abstrak juga, seperti halnya air sungai mencari lautan, dunia yang sama. Dengan mengerti konsep dasar ini, kita akan tahu kita ini jatuh cinta apa nggak. Kita ambil contoh dari beberapa kasus di bawah ini:

“Gue jatuh cinta bro!”

“Kenapa?”

“Soalnya dia cantik”

Gue bisa bilang bahwa yang bilang jatuh cinta di atas itu bukan lagi jatuh cinta karena yang dituju adalah fisik dari yang “dicintai”nya, sesuatu yang berwujud nyata, dunia yang berbeda. Jadi bila merasakan sesuatu terhadap bentuk fisik, itu artinya bukan cinta yang dirasakan, melainkan tertarik, suka, atau malah nafsu.

“Bro, gue akhirnya jatuh cinta lagi!”

“O ya? Siapa orangnya?”

“Adalah, Ayu namanya. Dia orangnya baik, suka bantu nenek-nenek nyebrang. Punya hobby yang sama ama gue, sama-sama demen ngupil. Dia juga pinter, pernah juara cerdas cermat sekelurahan”

Nah ini!! Yang namanya hampir deket sama jatuh cinta, hehehehe. Hal-hal yang diceritain seseorang di atas itu sifatnya psikologis, meski memang berwujud abstrak tapi itu bukan yang dicari oleh si cinta. Ibaratnya danau, agak mirip, tapi bukan lautan. Abstrak dalam cinta bukan sembarang abstrak, untuk gampangnya beda dong kualitas abstrak di lukisannya Affandi sama abstrak di lukisan yang suka kita lihat di jalan Braga Bandung misalnya.

Terus apa dong? Bentuk fisik bukan, psikologis juga bukan. Lautan yang dicari si cinta itu seperti apa? Abstrak yang kayak gimana sih yang bisa connect sama si cinta? Gue jawab dengan sok yakin bahwa jawabannya adalah: Jiwa/Soul dan nilai-nilai (value) di dalamnya?

Kamu bisa bilang kamu cinta seseorang bila kamu tertarik dengan jiwanya, dengan nilai-nilai yang ada di dalam dirinya. Jiwalah yang membedakan satu orang dengan orang lainnya. Yang cantik banyak, pergi ke mall, diskotik, cafe-cafe, bertebaran tuh para wanita cantik dan pria ganteng, saking banyaknya sampai kalau kita bikin sistem ranking bakal kebingungan siapa yang bakal ditarok di peringkat pertama. Yang baik juga bejibun, mungkin gak sebanyak yang cantik atau ganteng, tapi tetep banyak. So kalau kita mesti milih salah satu dari mereka pasti bingung, udah milih yang caem, eh ada yang lebih caem, udah milih yang baik eh ada yang kayak Zaenabnya si Doel. Lalu bertemulah si cinta dengan si jiwa yang ia cari-cari selama ini, lalu hal lain menjadi tidak begitu berarti lagi.

Lalu apa sebenarnya jiwa itu? Apa tolak ukurnya? Hmm gak ada ukuran yang pasti, kamu bakal tahu saat kamu menemukannya, karena bagi setiap orang arti dan wujudnya akan berbeda-beda. Wah susah dong? Pastinya, jadi dibikin santai aja. Gak usah si jiwa ini jadi tolak ukur pertama, cinta itu sebuah perjalanan yang biasanya diawali oleh naksir wajahnya, lalu mulai ngobrol-ngobrol terus suka sama pribadinya, lalu jangan berhenti di situ, lanjutkan perjalananmu sampai menemukan si jiwa. Yang pasti, dia ini ada di bagian terdalam dari seorang manusia, dig deep, and your heart wil see it and fall in love.

Ya gitu deh, seperti pembahasan tentang cinta lainnya, pasti ada yang setuju sama gue ada yang nggak. Yang jelas pasti sebagian besar bingung sama apa yang gue tulis, apa sih maksudnya? naon sih maneh? Tenang, gue juga bingung kok, cinta itu sebuah misteri yang gak akan terungkap karena memang terlalu besar untuk dipecahkan hanya melalui kata-kata. At least, for now, I can tell that I’m fallgfjidlhbe *koneksi putus….

8 Mas-mas Gemas di Nepal, Part I

nepal_2117497b

42 hari lagi menjelang keberangkatan 8 Ksatria Madangkara/8 Penjelajah Ketinggian/8 om-om ganteng/8 Pria Jomblo dan merasa Jomblo/8 Mas-mas Gemas (sampai tulisan ini ditulis belum nemu nama yang tepat) menuju NEPAL!

Gue pribadi tadinya mengenal Nepal cuma dari benderanya yang gak kayak bendera negara tapi lebih mirip sama bendera di karnaval atau festival, atau bahkan acara ulang tahun anak tetangga yang baru menginjak umur 5 bulan (iya orang tua jaman sekarang emang suka lebay). Dulu waktu jaman SD pas ulangan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial gue paling suka kalau ada soal tentang bendera Nepal, hapal banget gue. Asal jangan ditanya siapakah orang super duper creative dibalik bentuk bendera yang unik itu? Eh, menemukan sang penemu bendera kayaknya bisa jadi tema perjalanan ini ya? Kita kasih judul “Finding the Flag Man”.

Selanjutnya gue tahu lebih banyak tentang Nepal dari buku “Titil Nol” karangan Agustinus Wibowo (ini buku wajib baca!! kenapa? baca aja sendiri) yang bercerita tentang Kathmandu sebagai kota surga backpackers, dengan kota tua dan para biksu berwarna-warni nan eksotisnya, dengan pemandangan super gokilnya, dengan kehidupan yang super lambatnya (gue kebayang jogja, versi dinginnya). Sejak membaca buku ini gue menjadi tertarik terhadap negara yang berada di kaki gunung Himalaya ini. Oke, gue masukin ke bucket list, pikir gue saat itu. Entah kapan, pokoknya gue mesti ke sana. Entah kapan karena bener-bener gak kebayang mau ngajak siapa, kesananya gimana, pokoknya pengen aja dulu deh.

Sampailah suatu malam gue dan beberapa teman lagi nyuci mobil bareng. Iya saking kompaknya nyuci mobil aja mesti barengan, Tiba-tiba!! *jeng jeng!! Zoom in zoom out..halah…salah seorang temen gue yang bernama Susangga Sangga (bukan orang sunda) tiba-tiba nyeletuk “Ke Nepal yuk, ada tiket murah nih”. Belum sempat gue mikir sedetikpun atas tawaran tersebut temen gue satu lagi yang bernama Zoelcholid membalas “Ayok, kapan?”. Gokil, temen gue yang satu ini emang super impulsif. “November, cuma 3jutaan nih pp” jawab Sangga. “Berangkat! kita ajakin siapa lagi ya? Loe ikut kan Ram?” sang super impulsif berkata lagi. “Ntar gue mikir-mikir dulu deh” jawab gue. Emang sih pengen banget, tapi kan shock juga kalau belum lama masukin ke bucket list tau-taunya udah mau jalan aja. Kayak baru aja PDKT eh udah langsung diajak nikah.

Setelah berpikir panjang, tentang duit (lagi kere saat itu, saat ini juga sih), tentang apa yang bakal terjadi selama masa penantian (itu ajakan di bulan maret, ada 8 bulan dimana bisa terjadi apapun diantaranya yang bisa bikin rencana perjalanan ini batal seperti kerjaan lain yang nilainya 100 M, maskapai penerbangannya bangkrut, Nepalnya bubar, Himalaya mencair, dapet pacar baru, dan lain-lain. Who knows right?), dan tentang-tentang lainnya akhirnya gue memutuskan “ah bodo amat, beli aja dulu tiketnya. Nanti gimana nanti, karena masa depan kita gak pernah tau, mau beli sekarang berangkat besok aja masih bisa batal. So I decided to go to Nepal!!

Ajak sana-sini buat nyari temen seperjalanan akhirnya terkumpullah 5 orang lain lagi. Ada Acel yang pertanyaannya cuma 1 “ada spa gak?” (metroseksual banget anaknya), ada Arslan (Ganteng, tajir, jomblo karena change focusnya lama *inside joke), ada Adityo Karno (gue yakin sampai sekarang dia gak ngerti kenapa bisa ikutan, impulsif juga anaknya), ada om Budi dan om Indra (temennya Zoelcholid yang katanya Anak Gunung Sejati, sampai sekarang gue belum pernah ketemu mereka)

6 bulan sudah kami lewati penantian ini, tinggal 1 bulan lebih sedikit menuju tanggal keberangkatan. Akhirnya kamipun memutuskan untuk rapat. Selama ini segala sesuatunya hanya melalui whatsapp dan email. Pembicaraan mengenai beli sepatu ini, beli jaket itu, beli tas ono, jalan ke tempat sana, sepedaan nyusur itu ini, terlalu absurd dan perlu diluruskan.

Rapat kemarin malam dimulai dengan itinerary. “Jadi kemana aja kita?” tanya forum. Dijawab oleh Sangga “jadi email gue gak dibaca?!”, anak ini emang detail banget orangnya dan jadi satu-satunya orang yang bener-bener peduli tentang mau ngapain aja selama di Nepal. Yang lain pengennya sih terima beres hihihihi. Ya iyalah yang ngajakin kan mesti yang ngurusin juga.

Rapat berlangsung seru, ada ide mampir ke Bhuttan demi bertemu permaisuri nan cantik jelita yang konon bersama sang Raja gemar berkeliling negeri hanya sekedar untuk menyapa rakyatnya dan mengetahui segala persoalan di negerinya, kayak negeri dongeng ya?. Ada lagi ide mampir ke Ladakh, tempat scene terakhir di film Three Idiots yang super keren diambil. Bhuttan akhirnya kami drop karena informasi yang gue dapet salah. Katanya bisa lewat jalan darat cuma 3 jam, ternyata berbatasan pun nggak, kalau mau ke Bhuttan dari Nepal mesti lewat India, yang artinya entah berapa lama. Mesti naik pesawat yang harganya sekitar 3 juta pp ditambah selama di Bhuttan wajib mengambil paket wisata sebesar minimal $250 per hari dimana $60 nya diperuntukkan untuk kesejahteraan rakyat Bhuttan seperti sekolah, infrastukrur, dll. Keren ya Bhuttan ini? Ladakh pun belum dipustuskan, karena perjalanan darat menuju ke sana memakan waktu belasan jam dengan jarak 1000++ KM. Bisa juga pakai pesawat ke Delhi, lalu naik pesawat lagi ke Leh.

Akhirnya diputuskan option A tetap jelajah Nepal dengan kota-kota tujuan Kathmandu, Bhaktapur, Pokara, dan Sarangkot. Dengan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan seperti city tour, paragliding, trekking selama 3 hari tersusunlah budget sebesar $728 include penginapan, makan dan transport.

Ah, we are getting close!! See you Lake Phewa, see you Devi’s Fall, see you Peace Pagoda, see you Durbar Square, see you sunrise at Sarangkot!! *sambil baca itinerary.

And see you all dengan cerita-cerita selama perjalanan kami di NEPAL!!

Sedikit cerita tentangmu

Suatu hari aku bertemu dengannya, seorang wanita sederhana nan bersahaja.
Tak tampak hias berlebih, melainkan tawa yang menghias wajahnya.

Setelah lama aku mengenalnya, tak kusangka derita tak terkira telah hadir dalam dirinya.
Mengapa kau tampak bahagia?, tanyaku pada suatu senja.

Sangat mudah bagiku untuk selalu gundah, sangat banyak alasan bagiku untuk mengumbar tangisan. Tapi pilihanku untuk terus maju, meninggalkan masa lalu, demi anak-anak dan keluargaku, memupuk harapan demi masa depan, jawabnya.

Terkagum aku mendengarnya, tak ada paksa dibalik matanya, hanya ketulusan nan menawan.

Aku tahu dia hanya manusia, tetes air mata terkadang menemani harinya. Seperti suatu hari aku melihatnya, lelah tampak seperti menjajah. Tapi dia manusia luar biasa, tak memerlukan waktu lama untuk kembali tertawa.

Banyak pelajaran kuambil darinya, tentang bertahan dalam kehidupan, tentang keluarga dan berbagai artinya, tentang asa yang mengapus lara.

Teruslah bertahan wahai wanita kesayangan Tuhan, berkat tak akan ragu menghampirimu. Lindungan-Nya akan seperti air di musim penghujan, tak akan malu menyirami harimu.

Teruslah menjadi wanita biasa, yang tak menyadari ia sebenarnya perkasa.

Teruslah menjadi wanita penuh tawa, yang membawa bahagia ke dalam dunia.

Tetap semangat!!