One Fine Day

“Aku suka sekali kota ini, sejuk, orangnya ramah, dan yang paling penting makanannya enak-enak” ucapnya, tersenyum sambil menatap mataku dengan matanya yang berkilat jenaka.

Seharusnya, seperti yang diajarkan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam waktu sekolah dulu, otak mengirimkan sinyal, melalui syaraf, menggerakkan otot, menterjemahkan pikiran ke dalam suatu gerakan. Kalau dalam sebuah pembicaraan, otak menerima rangsangan kalimat dari lawan bicara, memprosesnya, kemudian memunculkan jawaban sesuai dengan yang dirasakaan saat itu, berujung pada pita suara dan mulut berkolaborasi mengeluarkan kata-kata dalam bentuk suara yang persis sama dengan perintah si otak. Tapi apa yang terjadi?

“Aku sih suka semua kota, selama di situ ada kamu”

Ini isi otakku.

“Iya aku juga”

Ini yang keluar dari mulutku

Lagi-lagi, pelajaran Ilmu Pasti menjadi tidak pasti setiap aku berhadapan dengannya. Alih-alih mengucapkan kalimat romantis yang diperintahkan otak, mulutku selalu mendadak jadi pemberontak, persis ABG yang broken home.

“Kamu kenapa sih? Daritadi jawabnya pendek-pendek melulu. Nggak suka ya jalan-jalan dadakan gini? Emang sih biasanya kamu rencanain ini itu dulu sebelum ngelakuin segala sesuatu. Tapi sesekali “having adventure” kan asik, be spontaneous, keluar dari pakem, menikmati hal yang tak terduga, tanpa perlu khawatir ada yang gak sesuai dengan rencana”

Balasnya panjang lebar, tidak memperdulikan pandangan penumpang di angkot yang penuh sesak. Seperti itulah dia, berjiwa bebas, lepas, “sakarep dewek” kalau kata orang jawa. Mungkin itulah yang membuatku kagum kepada dirinya, bagai seekor kura-kura melihat burung yang terbang bebas di angkasa sana.

-Bersambung-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s